Hikmah Besar Keterlibatan Khilafah dalam Perang Dunia Pertama

Share the idea

Adalah pemikir Islam Politik asal Jerman, Baron Max Oppenheim, sosok pertama yang dapat menangkap potensi besar kekuatan umat Islam. Ia kemudian menyarankan kepada Kaiser Wilhelm untuk semakin mempererat hubungan dengan Khilafah. Baron pernah menyampaikan,

Pada masa depan, Islam memainkan peran yang jauh lebih besar. Kekuatan dahsyat dan keunggulan demografi negara-negara Islam pada suatu saat nanti akan memiliki arti yang sangat penting bagi negara-negara Eropa

Petaka besar pun terjadi. Blok Sentral mengalami kekalahan dan menjadi pecundang dalam Perang Dunia pertama. Bak jatuh tertimpa tangga, kekalahan Blok Sentral bagi Kekhilafahan Utsmani ini diperparah dengan perjanjian gelap saat Perang Dunia pertama terjadi, yaitu perjanjian antara diplomat Prancis, François Georges-Picot dan diplomat Inggris, Mark Sykes. Yang ini hari dikenal dengan Perjanjian Sykes-Picot tahun 1916. Persatuan umat Islam pun terpecah, wilayah Khilafah pun semakin menyempit, dan kestabilan negara pun melemah.

Ada sebuah hikmah besar. Adalah Ideologi Islam sebagai pemersatu perjuangan. Sebagai ruh dalam segala bentuk perlawanan, penindasan, dan segala tindak kedzaliman. Ketika pemahaman umat terhadap Islam mengalami penurunan dan ketaqwaan dalam jiwa mereka semakin lemah, sampai membiarkan terjadinya kekufuran yang nyata, maka ancaman yang datang dari musuh Islam tidak hanya dianggap sebagai bukan permasalahan utama, namun juga tidak dianggap sebagai musuh yang harus dilenyapkan.

Selain itu, Ideologi Islam ini perlu dimotori oleh seorang pemimpin yang akan memberikan arahan strategi. Akhirnya, Ideologi Islam menjadi ruh dan pemimpin umat Islam sebagai Jenderal Lapangan yang siap mengarahkan ‘moncong-moncong perjuangan’.

Maka, sudah selayaknya kita mempelajari kembali sejarah Islam, dan mempertanyakan, “Bagaimana bisa semua itu terjadi?”. Ambillah pelajaran besar darinya, demi membangun peradaban Islam di masa depan yang lebih baik.

Sekali lagi, demi sebuah panggilan keimanan, “untuk menyebarkan Islam sebagai rahmatan lil ‘aalamiin…”

Sumber:

Abdul Qadim Zallum. 2017. Malapetaka Runtuhnya Khilafah. Al Azhar Press: Bogor.

Eugene Rogan. 2016. The Fall Of The Khilafah: Perang Besar yang Meruntuhkan Khilafah Utsmaniyah dan Mengubah Selamanya Wajah Timur Tengah. Serambi: Jakarta.

Share the idea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *