Review Buku: Dari Kata Menjadi Senjata

Share the idea

Sebuah buku yang mengungkap rahasia PKI…

Setiap bulan September, di Indonesia selalu mencuat bahasan terkait PKI. Yap, Partai Komunis Indonesia. Partai yang resmi terlarang berdasarkan TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 ini memiliki rekam jejak yang penuh kontroversi. Bulan September terkhusus tanggal 30 September hingga tanggal 1 Oktober, 65 tahun yang lalu terjadi pembantaian 6 pejabat tinggi TNI AD yang kemudian disebut dengan G30S/PKI.

Bahasan ini menjadi sangat pelik ketika beragam kalangan dari berbagai latar muncul berbicara. Terlebih, beragam kepentingan saling sikut, tuduh menuduh, dan merasa menjadi korban. Tak terkecuali PKI sendiri. Bahkan, mereka meminta agar Pemerintah Indonesia meminta maaf kepada mereka, sebab pasca G30S/PKI itu terjadi ‘balas bunuh’ kepada orang-orang PKI dan yang disinyalir PKI. Memang, banyak salah sasar, salah bunuh dan terlampau tidak terkendali.

Hal ini menyebabkan kita sendiri menjadi bingung bersebab terbawa oleh potongan-potongan cerita yang tidak utuh. Mungkin begitu banyak versi yang muncul ke permukaan tentang sejarah G30S/PKI ini. Bahkan, mengetahui sejarah menyeluruh rangkaian sejarah partai ini, mulai dari proses kelahirannya yang penuh dengan intrik dan kelicikan, lalu percobaan kudeta di Madiun hingga meletusnya G30S/PKI.

Alhasil, jarang sekali kita generasi milenial ini mengetahui kejadian di periode sebelum tahun 1965. Sejarah PKI juga tak bisa dipisahkan dengan sejarah Umat Islam di Indonesia. Erat dan begitu rekat kaitan nya. Mulai dari perbedaan asas antar keduanya hingga pola gerak nya. Sejarah hubungan inilah yang kurang banyak dibedah-dikupas, terlebih dalam kacamata Umat Islam. Buku setebal 550 halaman ini merangkum beragam sejarah di atas. Memadukan pemahaman yang begitu terserak.

Merangkainya menjadi gambaran utuh, “Siapa sosok PKI itu?”. Terlebih buku ini tidaklah begitu ‘njilmet’ (pusing) bahasa yang digunakan. Sangat lah cocok untuk kita, generasi milenial.

Share the idea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *