Perubahan Besar Dunia Islam dalam Satu Dekade

Share the idea

The Beginning of the Decade

Agenda “War on Terrorism” (WoT) masih menjadi andalan Amerika Serikat sebagai slogan untuk mempertahankan imperialisme nya.

The End of the Decade

Belakangan, slogan ini lebih populer dengan sebutan “War on Radicalism” (WoR). Satu slogan dengan tujuan yang sama, sebagai bagian agenda Barat dalam memerangi Islam. 

The Beginning of the Decade

Meski diserukan di berbagai dunia, Khilafah masih menjadi istilah yang asing dan dianggap utopis. Di media, bahkan ia hampir tak mendapat tempat dan menjadi berita asal lewat.

The End of the Decade

Perlahan, Khilafah terus mendapatkan momentum untuk muncul, bahkan menjadi bahasan utama di berbagai media. Hampir tak ada satu pun orang yang belum mendengar istilah ini.

The Beginning of the Decade

PBB, OKI, dan berbagai negara dengan citra Islam yang cenderung kuat masih menjadi harapan atas berbagai konflik umat Islam di seluruh penjuru dunia.

The End of the Decade

Seiring kekuatan umat Islam yang terus dikebiri serta tidak kunjung selesainya  masalah Palestina, Rohingya, Uyghur, Afghanistan, India, Suriah, dan Yaman, Khilafah mulai diyakini sebagai solusi alternatif. Sedangkan PBB maupun OKI, telah kehilangan kepercayaan dari umat. Dalam berbagai kesempatan, bahkan OKI (Organisasi Kerjasama Islam – dalam bahasa Inggris disebut Organization of Islamic Cooperation/OIC) tak henti-hentinya membuat pernyataan politik dan berbagai kerjasama. Namun, karena ketidakefektifannya, OKI sering diplesetkan menjadi “O, I See” (Oh, begitu), sesuai singkatannya dalam bahasa Inggris (OIC). Para pemimpin OKI, setiap kali terjadi masalah besar yang menimpa kaum muslim, akan berembuk, mengeluarkan pernyataan, dan “melihat-lihat”.  

The Beginning of the Decade

Amerika mempertahankan kedigdayaan nya di bawah kepemimpinan Obama. Meski disebut-sebut sebagai “A New Hope”, namun agenda imperialisme Amerika di berbagai penjuru dunia, khususnya negeri muslim, pada dasarnya tidak berubah.

The End of the Decade

Tiongkok menjadi ancaman nyata melalui imperialisme ekonominya dan “mencaplok” berbagai negara jajahan Amerika. Dalam isu perang dagang, Tiongkok bahkan mampu menyudutkan dan membuat pusing negeri paman Sam.  

The Beginning of the Decade

Demokrasi dan sekulerisme masih dipercaya sebagai ideologi paling ideal bagi kehidupan bernegara.

The End of the Decade

Rasa kecewa yang terus menumpuk akibat janji yang tidak ditepati, ketidakadilan, dan berbagai kejanggalan menyebabkan kekuatan negara dan ideologinya terus dipertanyakan.

2020

Dunia terus berputar.

Dalam 10 tahun, berbagai perkembangan besar terus terjadi.

Pada 2004, National Intelligence Council’s (lembaga pusat pemikiran jangka menengah dan strategis jangka panjang Amerika Serikat) merilis sebuah laporan yang berjudul, “Mapping the Global Future”. Dalam salah satu prediksinya, NIC menyatakan bahwa pada 2020 akan berdiri kembali

Khilafah Islam (A New Caliphate), sebuah pemerintahan Islam global yang mampu memberi tantangan pada norma-norma dan nilai-nilai global Barat.

Bagi pihak pro maupun kontra, prediksi NIC seringkali menjadi catatan yang digunakan untuk mempersiapkan kebangkitan “Khilafah yang dijanjikan”.

2020-2030?

Dunia terus berputar.

Meski umat Islam masih dalam kondisi terpuruk, namun tanda-tanda bangkitnya kejayaan itu semakin nampak.

Dunia terus berputar.

Di kala kita masih disibukkan dengan hal-hal remeh, di belahan dunia lain berbagai elemen umat Islam terus menyumbangkan harta, tenaga, nyawa, dan pikirannya demi menyambut kebangkitan Islam.

Lantas, apa yang telah kita persiapkan untuk menyambut terwujudnya kabar gembira yang dijanjikan itu?

Share the idea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *