7 Rekomendasi Buku Seputar Islam dan Feminisme yang Harus Kamu Baca

Share the idea

1. PENJELASAN KITAB SISTEM PERGAULAN DALAM ISLAM

Penulis: Abu Fuad

Syari’at Islam sejatinya telah menerangkan dengan sangat detail bagaimana seharusnya kaum laki-laki dan kaum perempuan saling berinteraksi – sebuah kesempurnaan dari tata aturan yang takkan pernah dijumpai di tengah masyarakat Barat yang liberalis. Merujuk pada kitab terbaik yang secara terstruktur berhasil menjelaskan sistem pergaulan antara pria dan wanita dalam Islam, buku ini adalah penjelasan atas kitab Syekh Taqiyuddin an-Nabhani yang berjudul, “Nizhamul Ijtima’i fil Islam” (Sistem Pergaulan dalam Islam). Dengan membacanya, kita akan memahami akar masalah seluruh problematika perempuan dan memahami bahwa Khilafah adalah satu-satunya solusi atas berbagai masalah tersebut. 

Penerbit : Pustaka Thariqul Izzah, Bogor. Cetakan I, Maret 2017.

2. WANITA BERKARIR SURGA

Penulis: Felix Y. Siauw dan Tim Dakwah @hijabalila

Ingin memahami bagaimana indahnya aturan Islam terhadap wanita dengan bahasa yang ringan dan visual yang menarik? Buku ini adalah jawabannya. Dimulai dengan ulasan sejarah kaum wanita di setiap peradaban, awal mula kemunculan feminisme dan dampaknya, perbedaan fitrah penciptaan antara pria dan wanita, serta bagaimana kesempurnaan aturan Islam dalam urusan pria dan wanita dan bantahan atas berbagai fitnah yang sering ditujukan kepadanya, buku ini adalah bacaan wajib agar seluruh kaum wanita meninggalkan kenikmatan semu sekaligus mengenali potensi dan fitrah diri sebagai makhluk yang mulia dan berharga.

Penerbit : Alfatih Press, Jakarta. Cetakan I, September 2017.

3. REVISI POLITIK PEREMPUAN

Penulis: Najmah Sa’idah dan Husnul Khatimah

Yang menjadi persoalan sesungguhnya bukanlah sekedar bahwa feminisme berasal dari Barat, melainkan juga eksistensi ide-ide sekuler yang bertentangan dengan aqidah dan sistem hidup Islam. Kurangnya pemahaman muslimah terkait rusaknya paradigma berpikir kaum feminis menyebabkan tak sedikit muslimah yang terjebak dalam solusi-solusi utopis feminisme, bahkan menganggapnya sebagai bagian dari Islam. Meski diterbitkan di awal abad ke-21, namun buku ini sangat komprehensif dalam membahas dasar-dasar pemikiran feminisme dan membantahnya dengan kerangka berpikir Islam. Old, but gold.

Penerbit : CV IDeA Pustaka Utama, Bogor. Cetakan I, Oktober 2003.

4. MENGKRITIK FEMINISME

Penulis: dr. Nazreen Nawaz

Buku ini merupakan kumpulan tulisan dr. Nazreen Nawaz yang dibukukan. Selaku aktivis muslimah internasional, berbagai tulisan beliau membahas pandangan Islam mengenai siapa yang seharusnya memiliki otoritas dalam menetapkan hak-hak perempuan, kritik atas metode feminis Islam, perkawinan antara feminisme dan kolonialisme yang terjadi di dunia Islam, dampak ide feminisme bagi rusaknya tatanan keluarga, bantahan atas mitos yang disebarkan media sekuler mengenai perempuan dan syariat Islam, hingga respon atas berbagai isu feminisme di dunia internasional. Karya ini hadir bukan sekedar untuk dibaca, melainkan juga sebagai teman diskusi dan bekal analisis perang pemikiran melawan ide feminisme dan sekulerisme.

Penerbit : Imune Press. Cetakan I, November 2019.

5. DETIK-DETIK PENGHANCURAN KELUARGA

Penulis: M. Iwan Januar

Sebagai struktur dasar yang menopang terbentuknya umat, hancurnya keluarga adalah target utama perang pemikiran Barat. Berbagai ide rusak yang dilontarkan, seperti kesetaraan gender hingga kebebasan hak reproduksi, secara masif ikut menyebar ke berbagai negeri muslim melalui pendidikan, media massa, aturan pemerintah, LSM, tokoh masyarakat, akademisi, selebriti, bahkan “ulama” yang terpedaya kemasan indah liberalisme. Buku ini hadir sebagai sumbangsih penulis untuk membangun kesadaran kaum muslimin, bahwa racun Barat itu ditujukan khususnya kepada keluarga muslim serta anak-anak yang justru menjadi harapan atas kebangkitan umat. 

Penerbit : Al Azhar Fresh Zone Publishing, Bogor. Cetakan I, Oktober 2013.

6. TAFSIR FEMINIS VERSUS TAFSIR PATRIARKI : TELAAH KRITIS PENAFSIRAN DEKONSTRUKTIF RIFFAT HASAN

Penulis: Abdul Mustaqim, MA

Tuntutan manusia akan selalu berubah seiring terjadinya perubahan sosial. Tak heran, jika kemudian muncul berbagai kajian kritis dan penafsiran ulang atas berbagai teks keagamaan yang mengatur kehidupan laki-laki dan perempuan. Namun, apakah berbagai penafsiran tersebut telah dilakukan dengan benar? Buku ini secara kritis mengajak kita menyelami latar belakang pemikiran para feminis maupun para ulama dalam menafsirkan ayat-ayat seputar perempuan dari masa ke masa, yang bermanfaat sebagai bahan pembanding dan pelengkap dalam rangka menghancurkan argumentasi feminisme dengan tanpa terkesan “Islam-sentris”.

Penerbit : Sabda Persada, Yogyakarta. Cetakan I, Juli 2003.

7. PEREMPUAN, FEMINISME, DAN ISLAM

Penulis: Ismail Adam Patel

Buku ini merupakan terjemahan dari buku karya Ismail Adam Patel yang berjudul, “Islam : The Choice of Thinking Women”. Sebagai seorang muslim yang hidup di Inggris, penulis menyaksikan langsung bagaimana media Barat melakukan framing kejam atas Islam, terutama yang berkaitan dengan aturan interaksi laki-laki dan perempuan.

Di tengah bombardir informasi menyesatkan ini, anehnya puluhan ribu perempuan Inggris justru memutuskan untuk masuk Islam. Buku ini menguraikan pandangan Islam maupun para feminis terhadap perempuan, sebagai sebuah perbandingan yang bisa menjelaskan mengapa 7 dari 10 mualaf Barat adalah kaum perempuan.

Penerbit : Pustaka Thariqul Izzah, Bogor. Cetakan I, September 2005.

Share the idea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *