Apa Aja Sih Bekal Dasar Untuk Memahami Berita Ekonomi?

Share the idea

Nilai Uang Naik Turun

Hari ini, dengan uang 10 ribu rupiah, kita bisa membeli 3 barang. Esoknya, dengan uang 10 ribu rupiah, kita hanya bisa membeli 2 barang. Hal ini berarti NILAI uang telah TURUN. Jadi NAIKnya harga BARANG menandakan TURUNnya nilai UANG. Jika uang yang beredar di masyarakat LEBIH BANYAK dari jumlah barang, maka harga barang akan NAIK.

Logikanya, masyarakat punya banyak uang, sehingga keinginan belanja masyakarat juga tinggi (karena sedang punya banyak uang). Semua orang bisa belanja lebih, tapi barang di pasar tersedia sedikit. Dalam kondisi itu, pemilik barang akan MENAIKKAN HARGA. Kesimpulannya, semakin BANYAK uang, semakin TURUN nilainya.

Peran Suku Bunga Bank

Sebagaimana dikemukakan Dwi Condro dalam Ekonomi Pasar Syariah, analogi termudah dari bank dan uang dalam sebuah negara bagaikan jantung dan darah dalam tubuh manusia. Uang adalah media untuk menjalankan aktivitas perekonomian. Selain itu, uang juga digunakan sebagai alat pengukur nilai suatu barang.

Bank adalah lembaga yang menarik ulur peredaran uang, sebagaimana jantung yang bertugas mengendalikan peredaran darah. Tarik ulur peredaran uang dilakukan dengan menggunakan instrumen suku bunga. Jadi, bunga bank dalam perekonomian bagaikan detak jantung dalam tubuh manusia.

Kebijakan Makroekonomi dan Kebijakan Moneter

Mudahnya, makroekonomi membahas keberlangsungan perekonomian sebuah negara. Variabel-variabel utama dalam studi makroekonomi di antaranya adalah: Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, tingkat inflasi, dan tingkat pengangguran (unemployment rate). Sedangkan kebijakan moneter merupakan alat dari makroekonomi yang membahas segala hal yang terkait dengan pengendalian UANG.

Institusi moneter teratas dalam perekonomian Indonesia adalah Bank Indonesia (BI). Dalam rilisnya, BI menyatakan bahwa TUGAS UTAMA institusi tersebut adalah memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah dilihat dari dua faktor:

  1. harga barang dan jasa. Tercermin dari perkembangan laju inflasi
  2. nilai tukar rupiah dibandingkan dengan mata uang negara lain.

Sumber:

Gregory Mankiw. 2003. Teori Makroekonomi. Erlangga. Jakarta

Dwi Condro Triono. 2017. Ekonomi Pasar Syariah. Irtikaz. Yogyakarta.

Bank Indonesia. Tujuan Kebijakan Moneter. https://www.bi.go.id/id/moneter/tujuan-kebijakan/Contents/Default.aspx. diakses 8 Oktober 2018.

Gambar: https://www.heritage.org/sites/default/files/styles/slide_cover_xl/public/images/2018-08/Economy.jpg?itok=BzAjL8xk

Share the idea